Semen Indonesia Aceh Bantuh Korban Banjir Pidie

PT Semen Indonesia Aceh (SIA) menyerahkan bantuan kepada  korban banjir di Desa Pawod Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie.  Bantuan berupa bahan makanan pokok (beras, minyak goreng, mie instan, dll) diserahkan pada Kamis (2/3).

Banjir yang terjadi ini disebabkan karena curah hujan yang lebat dan mengakibatkan luapan air sungai masuk ke pemukiman desa Pawod. “Setelah kita data ada 30 Kepala Keluarga (KK) menjadi korban terparah dari 120 KK yang terkena dampak dari banjir tersebut,” terang Manager Corporate Social Responsibility (CSR) SIA, Tarmidi  yang menyerahkan bantuan pada Forum Musyawarah Gampong (FMG) Pawod.

Bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap masyarakat sekitar lokasi pembangunan pabrik. Ke depan, semua program CSR SIA akan disalurkan melalui FMG yang dibentuk dalam 11 Desa di wilayah sekitar pabrik Semen Indonesia Aceh.

“Kita berkomitmen untuk membantu masyarakat Aceh dan Pidie umumnya serta masyarakat Kecamatan Batee dan Kecamatan Muara Tiga, Laweung pada khususnya. Kami mau keberadaan pabrik ini berguna bagi masyarakat dan masyarakat bisa mengambil manfaat dari apa yang sedang dan akan terjadi nantinya,” terangnya.
“Selain bantuan tanggap darurat berupa makanan pokok, kita juga membantu biaya operasional untuk kegiatan gotong royong masyarakat dalam memperbaiki tanggul waduk yang jebol akibat tekanan air dengan menimbun karung berisi tanah agar cadangan air dalam waduk tidak hilang/habis, dalam hal ini juga berguna agar tidak mengganggu musim tanam padi yang sedang berlangsung,” tambahnya
Secara terpisah, Humas PT. SIA, Marjoni juga menerangkan bahwa bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap masyarakat lingkungan sekitar lokasi pembangunan pabrik.

“Semen Indonesia Aceh komit membantu masyarakat dan keberadaan pabrik semen di Pidie ini berguna untuk masyarakat, bukan hanya untuk saat sekarang saja tapi terus berkesinambungan untuk masa yang akan datang,” terangnya.

“Kita juga sedang mendata dampak lain yang terjadi akibat banjir tersebut, baik itu kawasan perumahan, persawahan, dan juga berapa jauh aliran sungai yang dilalui oleh air waduk tersebut,” tambahnya
CSR SIA nantinya akan bekerjasama dengan Tim Proyek Aceh untuk mengerahkan beberapa Alat berat (exavator) dan dumtruck, untuk membantu memperbaiki aliran sungai yang mengairi lebih 18 desa di kemukinan Laweung tersebut. Seperti diketahui Desa Pawod merupakan salah satu desa yang berada dalam lokasi Ring satu Proyek Pembangunan Pabrik PT Semen Indonesia Aceh. Desa ini merupakan daerah terparah di yang terkena dampak dari banjir beberapa hari yang lalu. (isd)