GRESIK, 7 JULI 2013 – Pada hari ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Melalui program BUMN Peduli kembali membuka pasar murah dengan memberikan bantuan subsidi harga barang kebutuhan pokok bagi masyarakat dengan total 3200 paket. Pasar Murah digelar di Tuban dan Gresik. Pasar murah di Tuban sebanyak 1200 paket digelar di Perumahan Bogorejo Tuban sedangkan di Gresik sebanyak 2000 paket digelar di Wisma A Yani Gresik. Pasar murah BUMN Peduli ini dipimpin langsung oleh Dirut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., Dwi Soetjiptoreadmore...

Dwi Soetjipto mengatakan, Pasar murah merupakan bentuk tanggung jawab sosial BUMN sebagai salah satu motor penggerak ekonomi. Dengan pasar murah ini akan membantu masyarakat menjelang bulan Ramadhan dimana harga kebutuhan pokok mulai naik.  Kegiatan ini juga merupakan langkah nyata yang dilakukan Semen Indonesia untuk dapat meringankan beban masyarakat sekitar perusahaan sehingga warga yang membutuhkan dapat menikmati bahan-bahan pokok dengan harga yang murah dibanding harga di pasaran.

Dwi menambahkan, kegiatan Pasar Murah ini menjual paket bahan pokok yang terdiri dari 5 kg Beras, 1 liter Minyak Goreng, 1 kg Gula Pasir serta 15 bungkus Mie Instan, senilai Rp 100 ribu yang dapat ditebus masyarakat seharga Rp 50.000 dengan menggunakan kupon yang telah disediakan oleh panitia.

“Untuk wilayah Gresik sebanyak 2000 paket diperuntukkan warga sekitar perusahaan, khusus untuk Tuban sebanyak 1200 paket pembagiannya adalah 172 paket untuk warga desa Bogorejo dan 506 paket warga desa Sumurgung, sisanya 522 paket dibagi secara merata di 5 desa terdekat yaitu Desa Mondokan, Boto, Sugiharjo, Mandirejo, dan Sambonggede. Agar tepat sasaran pembagian kupon sembako dikhususkan untuk penerima BLSM dari pemerintah,” imbuh Dwi.

Megengan Sambut bulan Ramadhan

Sebagai ungkapan rasa syukur akan datangnya bulan Suci Ramadhan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggelar acara Megengan dan Pentas Budaya Islami yang dilaksanakan di Wisma A. Yani dengan menggelar Dzikir Kolosal, Rampak Bedug, Marawis & Zapin, Hadrah Al Banjari, Tari Sufi serta menampilkan Semen Indonesia Kompak Etnichestra pada 7/7/2013

Dwi Soetjipto mengatakan, Megengan merupakan tradisi masyarakat Muslim Jawa yang sampai saat ini masih eksis dan harus tetap dilestarikan. Tradisi ini dilaksanakan menjelang puasa demi mewujudkan rasa kegembiraan datangnya bulan Ramadhan yang diyakini sebagai bulan yang suci dan khusus.

Megengan berarti menahan, di dalam konteks puasa, maka yang dimaksud adalah menahan hawa nafsu selama bulan puasa. Secara simbolik, bahwa upacara megengan berarti menjadi penanda bahwa manusia akan memasuki bulan puasa sehingga harus menahan hawa nafsu, baik yang terkait dengan makan, minum, hubungan seksual dan nafsu lainnya. Oleh sebab itu, megeng berarti suatu penanda bagi orang Islam untuk melakukan persiapan secara khusus dalam menghadapi bulan yang sangat disucikan di dalam Islam.

Pos Simpati Ramadhan Semen Indonesia 2013

Sebagai program tahunan di bulan Ramadhan,  dalam mengkomunikasikan pesan kepedulian lingkungan dan sosial perusahaan, khususnya di bidang keagamaan kepada masyarakat umum secara luas dan merata PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. menggelar Pos Simpati Ramadhan Semen Indonesia 2013

Dwi Soetjipto mengatakan, “Pos Simpati Ramadhan Semen Indonesia 2013 merupakan pengembangan program Pos Simpati Ramadhan Semen Gresik tahun sebelumnya. Tahun ini membawa tema Menegakkan Iman & Ketakwaan yang menampilkan kegiatan- kegiatan Islami yang dapat membantu menegakkan keimanan & ketakwaan masyarakat yang menyaksikan acara ini, dipadu dengan komitmen Semen Indonesia untuk selalu peduli pada Alam & Lingkungan. Pos Simpati Ramadhan Semen Indonesia 2013 dilaksanakan secara roadshow di beberapa kota terutama di daerah pasar Semen Indonesia agar masyarakat di wilayah tersebut merasakan manfaat serta kedekatan hubungan dengan Semen Indonesia dengan mereka, “.

POS Simpati Ramadhan Semen Indonesia 2013 merupakan tempat/posko peduli masyarakat yg diselenggarakan selama bulan Ramadhan oleh Semen Indonesia di beberapa kota, berupa penyediaan : Ta’jil gratis, penampilan Kelompok Musik Islami, belajar membaca Al - Qur’an, Gerakan Cinta Lingkungan, Games & Quiz.

Dalam Pos Simpati Ramadhan juga dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya, program Simpati yaitu Pemberian bibit tanaman & keranjang sampah kepada masyarakat di desa atau kota yang disinggahi, pemberian santunan kepada Panti Asuhan dan Anak-anak Yatim Piatu, ceramah singkat sebelum adzan Maghrib tiba serta hiburan penutup berupa games dan permainan interaktif berhadiah souvenir.

Pos Simpati juga memberikan hiburan kepada penonton dengan penampilan Kelompok Musik Islami. Mereka akan membawakan lagu-lagu Islami dan lagu-lagu yang sedang populer dengan lirik-lirik yang membangun. Membaca Al-Qur’an diberikan dengan metode belajar sambil bermain dengan penyampaian yang menarik & mudah sehingga masyarakat (terutama anak-anak) dengan mudah dan cepat dapat membaca huruf-huruf Al-Qur’an. Kegiatan diakhiri dengan pembagian ta’jil atau makanan/minuman pembuka untuk membatalkan puasa, dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Tiap harinya akan dibagikan ta’jil sejumlah 750 pax, yang terdiri dari :

1 bks Teh Kotak 2 bks Roti, 1 bks Snack (wafer, biscuit, dll) 5 biji Kurma, 1 btl Air mineral, 1 biji buah (pisang/jeruk).

Pos Simpati Ramadhan Semen Indonesia 2013 akan singgah di 14 kota diantaranya Lamongan tgl 9–10/7, Sidoarjo tgl 11–12/7, Probolinggo tgl 13–14/7, Banyuwangi tgl 15–16/7, Jember tgl 17–18/7, Pasuruan tgl 20–21/7, Malang tgl 21–22/7, Madiun tgl 23–24/7, Tuban tgl 25–26/7, Jombang tgl 27–28/7, Mojokerto tgl 29–30/7, Bangkalan 31/7–1/8, Surabaya tgl 2–3/8 dan Gresik tgl 3–4/8/2013.

     Issued by  : PT Semen Indonesia

                          (Persero) Tbk.

Untuk informasi lebih lanjut silakan

menghubungi:

     Date          : 7 Juli 2013

Sekretaris Perusahaan, Agung Wiharto

Kantor :  +62 31 3981732  ext #3090

Mobile :  +62 81 1135945

  Download Siaran Pers (PDF)